PENDIDIKAN YANG TINGGI TANPA MEMBACA ADALAH SIA-SIA

Untitled design (13)

Buku yang sedang saya baca adalah buku-buku cerita rakyat. Tertarik membaca buku cerita rakyat karena di dalam setiap cerita yang diulas ada pesan-pesan moral yang bisa kita ambil sebagai pelajaran hidup. Selain itu, ada banyak ragam cerita yang disampaikan oleh penulis pun mempunyai nilai tambah tersendiri bagi pribadi saya. Saya membaca buku saat perasaan sedang senang, karena saya yakin saat perasaan senang dan kita membaca maka yang dibaca dan pelajari akan bermakna ketimbang memaksa diri saat tidak siap untuk membaca, sebab kalau dipaksa maka apa yang kita baca tidak akan bermakna

Membaca mulai saya senangi saat kuliah semester tiga. Waktu itu saya terinspirasi suka membaca karena ada sosok Bu Susi Pudjiastuti yang terpilih jadi menteri. Membaca artikel di media sosial yang menceritakan latar belakang kehidupannya Ibu Menteri membuat saya berpikir “pendidikan yang tinggi tanpa membaca adalah sia-sia”. Sa juga senang dengan membaca buku-buku cerita rakyat dan buku-buku pendidikan. Kedua jenis buku – buku ini mampu menjadi bekal bagi masa depan saya terutama menjadi seorang pendidik bukan hanya mengajar tentang ilmu pengetahuan namun mampu mendidik generasi muda.

Raditya Dika adalah penulis yang ingin saya temui, karena menurut saya cerita-cerita yang ditulis penuh imajinasi yang luar biasa. Bahkan diangkat dalam sebuah film yang tentu memotivasi para penonton dan menunggu serial-serial cerita selanjutnya yang menarik. Saya juga percaya bahwa membaca dapat mengubah kehidupan seseorang, saya merasakan hal itu terjadi dalam kehidupan saya. Pengalaman yang tidak bisa saya lupakan dengan manfaat membaca yaitu puji TUHAN saya dapat menjuarai beberapa lomba, antara lain duta genre, juara pidato,puisi, dan yang terakhir menulis naskah sandiwara radio dari RRI Sorong.

|
Itu sebab, sa pesan ke teman – teman jangan pernah bosan untuk membaca karena dengan membaca kita akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan serta kita akan kritis dalam menelaah segala informasi. Selain itu, membaca merupakan kunci kesuksesan  bagi seseorang.

**

Tentang Hofia Rita Koibur

Anak bungsu dari 4 bersaudara ini sedang menempuh pendidikan di Universitas pendidikan Muhammadiyah Sorong (UNIMUDA). Ia juga tengah mengikuti program magang di SD Inpres 5 Doom, sebuah program dari UNIMUDA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s