Membaca dan berimajinasi

Image may contain: 1 person , people smiling , text, outdoor and nature

Nama saya Lenny Zilfa. Umur saya saat ini 23 tahun. Saya lahir dan besar di Jayapura, Papua. Saya sekolah mulai dari TK hingga perguruan tinggi di Jayapura. Latar belakang pendidikan perguruan tinggi saya adalah pendidikan bahasa Inggris. Saya sangat menyukai bahasa Inggris sejak SD. Saya pun gemar membaca buku berbahasa Inggris. Saya bercita cita melanjutkan S2 saya di luar negeri.

Kegemaran saya membaca buku sebenarnya dimulai bukan dengan buku bahasa Inggris. Saya mulai gemar membaca melalui sebuah majalah anak, majalah Bobo [1].

Waktu duduk di bangku SD, saya rutin memeriksa kesehatan saya di salah satu rumah sakit pemerintah di Jayapura. Karena rasa bosan menunggu pemeriksaan, saya suka membeli majalah bobo untuk dibaca. Majalah Bobo bukan hanya sekedar memberi cerita tapi ada pengetahuan umumnya juga. Saat itulah saya mulai gemar membaca.

Selain suka membaca buku berbahasa Inggris, saya juga suka membaca buku bahasa asing lainnya, buku cerita kisah nyata, motivasi, religi, biografi, novel, tentang pendidikan, dll.

Banyak manfaat yang saya dapatkan. Saya bisa mengenal bahasa asing baik bahasa Inggris maupun lainnya, mengenal lebih dekat tokoh-tokoh terkenal, mengenal lebih dalam makna pendidikan.

Dengan membaca saya pun bisa berimajinasi layaknya saya yang menjadi pemeran dalam buku yg saya baca. Juga, dengan membaca saya bisa mendapatkan dorongan bagaimana menjalani hidup dengan baik, bagaimana menjadi orang sukses. Dengan membaca saya pun bisa melihat kehidupan orang lain dan bisa belajar dari pengalaman orang tersebut.

Saat duduk di bangku sekolah, saya merasakan betapa besar manfaat yang diberikan dari kegemaran membaca. Ketika ujian tiba, saya bisa menjawab soal dengan baik dan mendapatkan nilai yang baik. Itu semua karena saya membaca sehingga saya tahu apa yang harus saya kerjakan.

Jadi saya ingin anak-anak di Papua pun gemar membaca. Dengan membaca, akan ada manfaat yang tak ternilai yang didapatkan.

Ayo buat langkah kecil, membantu Buku Untuk Papua mengumpulkan buku-buku bacaan untuk anak-anak Papua. Biarlah anak-anak Papua memiliki kesempatan mengetahui banyak hal yang perlu mereka ketahui.

Lenny Zilva

[1] Majalah Bobo adalah bacaan populer anak-anak Indonesia yang terbit sejak 14 April 1973. Majalah ini adalah versi Indonesia dari majalah serupa di Belanda dengan penyesuaian isi. Edisi bahasa Indonesia terbit sekali seminggu, diterbitkan oleh Kelompok Kompas Gramedia. Di Belanda sendiri, majalah Bobo diterbitkan bulanan oleh penerbit Malmberg.
Slogan majalah bobo adalah “Teman Bermain dan Belajar” mulai tahun 1995 hingga kini, karena memberi pendidikan melalui bacaan yang menarik bagi anak-anak sekaligus mengandung unsur permainan. Maskot Majalah Bobo adalah seekor kelinci berwarna biru bernama Bobo yang selalu mengenakan kaos berwarna merah berhuruf B dan celana biru, merupakan tokoh yang diadopsi dari majalah aslinya.
Bobo secara reguler membantu pembacanya belajar dengan menyediakan artikel berisi soal-soal pelajaran SD dari kelas satu sampai kelas enam. Pelajaran yang dimuat antara lain adalah matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kewarganegaraan. (https://id.wikipedia.org/wiki/Bobo_%28majalah%29 )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s