Intinya aktivitas membaca itu ada faedahnya.

Image may contain: 1 person , text

 

Barangkali saya berbeda dengan mereka yang lain, entah berentah. Pasalnya saya bersentuhan dengan aktivitas membaca dan kemudian menyenangi aktivitas tersebut baru setelah pertengahan semester kedua, saat masih duduk dibangku sekolah menengah kejuruan. Ketika itu awal 2013. Karena kebetulan saat itu saya tinggal di kakak sepupu saya, yang adalah ketika itu dia anggota dewan redaksi di Koran Harian Pagi Papuapos Nabire, juga telah berlangganan dengan paper informatif tersebut, sehingga hal itu membuat saya semakin akrab dengan aktivitas membaca.

Buku yang lebih saya sukai sekaligus yang pertama kali saya pernah baca adalah buku dengan judul: “Melangkah ke Dunia Luas” (Impian dan Pergulatan Anak-anak Papua), yang ditulis oleh Johanes Supriyono (2010). Dalam buku tersebut, oleh penulis, ditulis realitas proses hidup sehari-hari anak-anak Papua ketika itu, yang menyirat nilai-nilai tertentu sekaligus menyentuh perasaan batin setiap pembaca. Dan buku tersebutlah yang seakan menyulap saya menjadi sosok yang gemar membaca, meski kadang absen oleh kesibukan-kesibukan tertentu.
Saat itu kakak sepupu saya juga yang biasanya memetuahi saya tentang pentingnya membaca dan manfaat yang akan diperoleh jika kita menggemari aktivitas membaca. Bahkan dia pernah menyuruh sekaligus membantu saya menulis berita dan opini/artikel lalu pernah dimuat di Koran Harian Pagi Papuapos Nabire dan Majalah Selangkah Online yang (kini sudah tak lagi aktif). Tapi disitu dibutuhkan juga yang namanya tekad atau kebulatan hati dari diri pribadi.

Membaca itu aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas membaca tidak dikekang oleh ruang dan waktu. Dimana pun, kapan pun kita bisa sempatkan diri untuk membaca. Misalnya saat menjelang sore dibawah rindangan pohon samping rumah, atau bagi mereka yang biasanya menjual pinang di pondok para-para pinang atau kios sembari menunggu datangnya pembeli, atau pun sambil baring-baring sembari menunggu mata terkatup tidur, dan pokoknya masih banyak lagi.

Dengan membaca kita bisa mengetahui sesuatu yang sebelumnya belum kita ketahui. Dengan membaca kita bisa memahami sesuatu yang sebelumnya belum kita pahami. Dengan membaca dikemudian saat kita bisa menjadi informan yang dapat dipercaya. Dan masih banyak lagi. Intinya aktivitas membaca itu ada faedahnya.
Belakangan ini kecenderungan hati yang tinggi dari kita (Anak-anak Papua) untuk membaca masih terbilang sangat minim. Bahkan didapati ada sebagian mahasiswa Papua yang dikamarnya banyak buku bacaan, namun lantaran keringnya minat baca, akhirnya buku-buku yang dibeli dengan harga yang tak murah lazim jadi sarangnnya kakerlak atau lipas kudung.
Masih teringat segar apa yang pernah diutarakan oleh abang alm. Matheus Ch. Auwe, editor di majalahselangkah.com(semasa masih aktif), dalam sebuah diskusi “tukar pikiran”. Dikatakannya, guru atau dosen itu bukan hanya sosok yang berdiri depan ruang kelas, tapi guru juga bisa hadir dalam bentuk buku yang kita baca dan telaah. Dia juga menyayangkan sepak terjan kalangan mahasiswa yang menurut pengamatannya tampak jauh dari aktivitas “kutu buku”.
Bagi teman-teman dorang yang menggemari aktivitas membaca, semangat dan terus membaca. Semakin kita dekatkan diri dengan buku atau apapun yang kita baca, percayalah. Apa yang tersurat dan tersirat dalam apa yang kita baca pastilah tak jauh pula dari dalam ruang ingatan kita. Bukankah Tuhan pun akan memperhitungkan atas daya upaya kita? Sobat, mari tong lebih giat membaca!
* * *

Herman Degei, Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, di Kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) – APMD, Yogyakarta.*

#bukuntukpapua #GemarMembaca #PapuaCerdas #anakpapuacerdas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s